Berita

BUKA SOSIALISASI PEMBENTUKAN UPZ, BEGINI HARAPAN ASISTEN 1 PEMKAB ENREKANG

Asisten 1 Pemkab Enrekang, Hamsir Lodang membuka sosialisasi Peraturan Baznas Nomor 2 Tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja UPZ di ruang Rapat Kantor Kementrian Agama Enrekang, Selasa (3/9/2019).

Acara dengan tema Peran UPZ Masjid dalan peningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di Kabupaten Enrekang itu dihadiri kurang lebih 170 peserta.

Mereka berasal dari UPZ Kecamatan, KUA, Imam Masjid Besar dan Imam Masjid Jami’ se-Kabupaten Enrekang.

Dalam kesempatan itu, Hamsir mengatakan, keberadaan Baznas Enrekang adalah salah satu upaya Pemkab mengingatkan secara kolektif kepada semua unsur agar sadar akan pentingnya membayar zakat.

Menurutnya, kehadiran Baznas sebagai penopang utama untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Enrekang Maju, Aman, Sejahter, Religius berkelanjutan.

“UPZ adalah penyambung informasi terhadap pembangunan Enrekang. Garda terdepan membawa misi agama dan misi sosial yang didalamnya ada pembangunan spiritual dan lainnya,” kata Hamsir.

Mantan Kepala Dispopar ini, menjelaskan Baznas sebagai mitra Pemkab harus menjadi penyambung informasi.

Sehingga apa yang diinginkan dan dilakukan Pemkab betul-betul tersambung ke nasyarakat.

Selain itu, Baznas juga harus memberikan informasi apa saja tentang kebaikan, tentang pembagunan dan apa saja yang mendukung keamanan dan ketertiban kepada masyarakat.

Sementara Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Enrekang, Kadir Lesang, menjelaskan acara tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta terkait teknis pembentukan UPZ di setiap Masjid.

Hal ini untuk lebih mempermudah pengumpulan zakat pada kelompok masyarakat yang lebih kecil lagi.

Menurutnya, saat ini memag UPZ sudah dampai ke tingkat desa, namun untuk menyentuh ke bagian terkecil maka harus menyentuh setiap masjid.

Untuk itu, UPZ desa akan membentuk cabang di setiap dusun agar semua masjid dipelosok bisa juga melakukan pengumpulan zakat.

“Supaya UPZ ini mudah mengkoordinir pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah, makanya akan dibentuk UPZ masjid untuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baznas Kabupaten Enrekang.

Copyright © 2018 Baznas Kab.Enrekang. Support by Mandarweb.com

To Top