Berita

JELANG TUTUP TAHUN, BAZNAS ENREKANG EVALUASI KINERJA UPZ

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Kabupaten Enrekang melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang, Kamis (19/12/2019).

Program ini merupakan rutinitas tahunan, tujuan utamanya agar kinerja UPZ dapat diukur keberhasilannya. Acara diiadakan di tempat Wisata Maballo Enrekang. Tidak kurang dari 30 pegawai UPZ kecamatan yang hadir memenuhi undangan.

“Kita punya target pengumpulan dan penyaluran dana zakat, dan untuk menilai keberhasilannya tentu tidak terlepas dari kerja para UPZ, baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa dan masjid,” jelas Pimpinan Baznas Enrekang, Dr. Ilham Kadir.

Untuk tahun ini, pengumpulan zakat harta dan zakat fitrah cukup mengalami peningkatan yang signifikan. Dari target 9 miliar menjadi 12 miliar. Untuk zakat harta, infak dan sedekah mencapai 7 miliar lebih, lanjut Ilham.

Namun menurut Peneliti MIUMI ini, jika dibandingkan dengan potensi zakat harta yang ada di Enrekang, maka itu masih terlalu minim.

“Potensi zakat di Enrekang sekitar 40 miliar, karena itu masih butuh sosialisasi dan penyadaran bagi umat Islam, sekaligus bagi amil zakat harus menunjukkan kinerja yang mendatangkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas,” ungkap Guru Pondok Pesantren Darul Falah, Enrekang ini.

Sejak dibentuk awal tahun 2016, Baznas Enrekang terus menunjukkan tren positif. Memiliki program pendistribusian yang inovatif, serta tanggap merespon kebutuhan mustahik. Daerah lain seharusnya menjadikan Baznas Enrekang sebagai rujukan dalam pengelolaan zakat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baznas Kabupaten Enrekang.

Copyright © 2018 Baznas Kab.Enrekang. Support by Mandarweb.com

To Top