Berita

BAZNAS ENREKANG BAKAL HADIRKAN PROGRAM MUALLAF CENTER

Baznas Enrekang berencana membentuk lembaga khusus bernama Muallaf Center Baznas (MCB), lembaga itu akan membina mualaf yang tersebar di berbagai wilayah Kecamatan se-kabupaten Enrekang.

Muallaf Center Baznas (MCB) bergerak untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada Muallaf sesuai tuntutan syariat Islam agar menjadi muslim dan muslimah kaffah serta memiliki kemandirian ekonomi.

Sebagai langkah awal Baznas Enrekang akan membuat lembaga, rekruitmen pengurus, pemetaan wilayah dan identifikasi masalah, penyediaan fasilitas dan sarana untuk menampung mualaf.

Kedepannya, Baznas juga akan bekerjasama dengan lembaga penyuluh agama, ormas, lembaga dakwah dan pesantren yang ada di Kabupaten Enrekang dalam pendampingan.

Saat ini para mualaf masih menghadapi permasalahan yang muncul dari keluarga, berupa penolakan dan pengecaman.

Pimpinan Baznas Enrekang, Baharuddin menyampaikan, adanya tantangan dan tekanan yang sangat berat itu muncul dari keluarga dan lingkungan lama yang tidak rela karena kepindahan keyakinan mereka.

“Tidak jarang hal ini berdampak pada terputusnya hubungan, bahkan terusir dari keluarga, diberhentikan dari tempat bekerja, serta adanya ancaman terhadap keselamatan jiwa,” ujar Baharuddin kepada Pijarnews.com, Rabu (30/12/2020).

Selain itu, permasalahan umum yang dihadapi para mualaf setelah bersyahadat adalah masih merasa asing dengan lingkungan baru. Karena adanya kecurigaan dalam komunitas muslim.

Baharuddin menambahkan, perkara mualaf ini sangat kompleks, karena menimbulkan permasalahan kemasyarakatan umat Islam dan non islam.

Persoalan pendidikan agama, ekonomi, kesehatan, banyak di antara yang berkeinginan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan namun tidak terurus secara baik.

“Sebagai lembaga sosial dan dakwah, Baznas secara syariah melekat pada 8 asnab yang salah satu di antaranya Muallaf. Dana zakat yang terkumpul ada hak saudara kita yang muallaf, karena itu kewajiban Baznas mengupayakan penanganan dan penyelesaian masalah muallaf ini,” tambahnya.

Di Muallaf Centre Baznas ini juga akan diberikan pembinaan edukasi, konseling, bantuan konsumtif dan produktif bagi para mualaf serta melaksanakan kegiatan sosial lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baznas Kabupaten Enrekang.

Copyright © 2018 Baznas Kab.Enrekang. Support by Mandarweb.com

To Top