Berita

BAZNAS Enrekang Kunjungi Posko AQL Peduli, Ini yang Dibutuhkan

 Gempa di Majene dan Mamuju mengakibatkan ribuan masyarakat mengungsi, selain  rumah mereka yang roboh, rusak berat atau yang mengungsi karena takut terjadi gempa susulan terjangan  tsunami. Apalagi di daerah Mejene dan mamuju mayoritas masyarakat menetap di sepanjang pesisir laut.

Karena itu dibutuhkan posko untuk menyediakan kebutuhan dasar para pengungsi, terutama makanan, air bersih,  peralatan tenda, selimut, tikar dan sejenisnya.

Salah satu titik yang dipadati pengungsi adalah Ulumanda, Majene. Tempat ini cukup aman, selain agak jauh dari  bibir pantai, juga tempatnya lebih tinggi karena berada di atas bukit.

Lembaga Ami Zakat Nasional AQL juga membuka posko AQL Peduli. Posko ini dibagi menjadi beberapa tenda.  Untuk dapur umum, Mushallah, Gudang dan logistik.

Ketua Tim Relawan AQL, Firman menyampaikan bahwa setiap hari Posko AQL Peduli menyediakan nasi bungkus  sebanyak 2000 porsi.

“Kami di sini tiap hari menyedikan 2000 porsi makanan untuk para pengungsi, untuk logistik kami sebagian beli  sendiri dan sebagian dari orang-orang yang lewat lalu menurunkan sebagian sembakonya,” tutur Firman.

Ia juga menyampaikan bahwa di daerah ini serba susah,

“Jarak dari sini ke Kota Majene 3 Jam, sama jauhnya ke Mamuju, sementara di sini tidak ada pasar, tidak ada  swalayan, tidak pula ada ATM. Jadi kami hanya mengharap agar orang-orang yang lewat supaya menyediakan  sebagian logistiknya untuk keperluan para pengungsi”, kata Firman.

Ia menambahkan bahwa stok logistik untuk dapur umum tersisa hanya untuk dua hari ke depan. Melihat hal itu,  Pimpinan Baznas Enrekang, Baharuddin dan Ilham Kadir akan berkoordinasi dengan rekan-rekan yang ingin ke  Mamuju supaya menyediakan logistik untuk posko AQL Peduli.

“Kita berharap agar teman-teman yang memiliki stok sembako yang cukup supaya didrop sebagian ke Posko AQL,  ini tanggungjawab kita semua, membantu para pengungsi,” kata Pimpinan Baznas Enrekang, Baharuddin.

Hal ini dipertegas oleh Ilham Kadir, bahwa saat ini yang dibutuhkan oleh dapur umum AQL adalah beras, sayur-  mayur, minyak, telur, tomat, dan ikan asin.

“Sangat butuh sembako. Semoga secepatnya kami bisa mengirim bantuan dari masyarakat Enrekang, khususnya  sayur-mayur. Segera kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama UPZ”, harap Tim BTB Baznas  Enrekang, Ilham Kadir. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baznas Kabupaten Enrekang.

Copyright © 2018 Baznas Kab.Enrekang. Support by Mandarweb.com

To Top