ZAKAT FITRAH

Zakat Badan (Jiwa)

Zakat ini disyariatkan pada bulan Sya’ban tahun kedua Hijrah. Selain bertujuan sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari kemungkinan terjadinyakesia-sian dan keluarnya kata-kata yang tak pantas selama menjalankan ibadah puasa, sekaligus untuk membantu orang-orang miskin dan orang-orang tak punya di hari ketika mereka harus merayakan kemenangan.

Zakat ini yang lazim disebut zakat fitrah diwajibkan karena berbuka di akhir Ramadhan kepada setiap individu muslim, laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, orang merdeka maupun hamba sahaya.

Dasar hukumnya ialah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umarp, dia berkata,

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ وَالذَّكَرِ وَالْأُنْثَى وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ 

“Rasulullah telah memfardhukan zakat fitrah di akhir bulan Ramadhan sebesar satu sha’ buah kurma, atau sha’ sya’ir terhadap budak, orang merdeka, laki-laki, perempuan, besar dan kecil dari orang-orang muslim.” (Muttafaq ‘Alaih).

Ketentuannya:

  • Hendaklah individu yang terkena kewajiban tersebut seorang muslim.
  • Mempunyai kelebihan dari kebutuhan pokok diri dan orang-orang yang menjadi tanggungannya di malam hari raya dan siang harinya.

Waktunya:

Zakat ini dibayarkan sebelum orang-orang berangkat ke tempat pelaksanaan shalat ‘Id. Tetapi boleh saja menyegerakan pembayarannya beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Ukurannya:

Setengah sha’ gandum atau satu sha’ kurma, kismis, jelai, beras, jagung atau makanan pokok lainnya. Satu’ sha’sama dengan 4 mud sama dengan kurang lebih 3.5 liter atau 2.5 kg.

Mayoritas ulama fikih tidak membolehkan pembayarannya dengan uang, kecuali Abu Hanifah.

Penyalurannya:

Zakat ini skala prioritas penyalurannya untuk orang-orang fakir dan miskin, jika kedua golongan ini telah terpenuhi kebutuhan asasinya, maka dapat diberikan kepada ashnâf zakat lainnya.

Baznas Kabupaten Enrekang.

Copyright © 2018 Baznas Kab.Enrekang. Support by Mandarweb.com

To Top